5 Aplikasi Game Online Untuk Mengasah Otak yang Seru dan Menyenangkan - Sumberpulsa.com

5 Aplikasi Game Online Untuk Mengasah Otak yang Seru dan Menyenangkan

SumberPulsa.com – Seiring bertambahnya usia, wajar jika Anda melihat beberapa perubahan kecil pada kemampuan kognitif Anda.

Misalnya saja, ketika Anda mencapai usia lanjut, Anda mungkin merasa sedikit lebih sulit berkonsentrasi, melakukan banyak tugas, menemukan kata yang tepat, atau mengingat informasi.Beberapa perubahan dalam kemampuan berpikir dianggap sebagai normal karena proses penuaan.

Kemampuan berpikir seseorang mencapai puncak pada usia 30 dan rata-rata menurun secara halus seiring bertambahnya usia,” kata UCSF Memory and Aging Center, seperti dilansir dari Bestlife.Menurut Harvard Health Publishing, ada enam cara utama untuk membantu meningkatkan kesehatan kognitif.

Para ahli mengatakan bahwa selain mengonsumsi makanan nabati, berolahraga, tidur nyenyak, mengurangi tingkat stres, dan membina ikatan sosial, Anda juga harus dapat meningkatkan kemampuan kognitif dengan secara aktif menantang otak Anda.

Faktanya, dengan menggunakan game yang menguji kemampuan Anda dalam memecahkan masalah, Anda dapat membantu menjaga pikiran Anda tetap tajam.

Melakukan permainan juga dapat merangsang berbagai kemampuan kognitif, seperti pemecahan masalah, konsentrasi, memori, pemrosesan informasi, dan keterampilan berpikir.Oleh karena itu, ketahui beberapa game mengasah otak yang seru dan menyenangkan.

1. Permainan kata adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kognitif seseorang seiring dengan bertambahnya usia. Vernon Williams, MD.

Ahli saraf olahraga merekomendasikan untuk bermain permainan kata dengan pena dan kertas dibandingkan permainan kata yang bisa Anda temukan secara online karena dapat berpotensi membuat ketagihan dan akhirnya mengurangi manfaat keseluruhan.

Permainan kata-kata melibatkan banyak aspek kognitif dan bahasa yang berkontribusi pada pengasahan otak secara menyeluruh. Dengan berlatih secara teratur, Anda dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif Anda secara signifikan.

2. Bermain Teka-Teki Bermain teka-teki dapat mengasah otak karena melibatkan berbagai aspek kognitif dan mental yang diperlukan untuk memecahkan tantangan dan masalah.

Jika Anda menyukai teka-teki gambar atau sudoku, krip togram, dan teka-teki matematika, hal ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan memori jangka pendek, meningkatkan kecepatan pemrosesan, dan mengenali pola.

Secara keseluruhan, manfaat-manfaat ini dapat membantu membangun neuroplastisitas otak Anda, atau kemampuannya untuk mengatur ulang dirinya sendiri dengan membentuk koneksi saraf baru sepanjang hidup.

3. Permainan Belajar Bahasa Mempelajari bahasa baru adalah cara lain untuk menjaga pikiran Anda tetap tajam seiring bertambahnya usia.

Permainan berbasis bahasa dapat menguji keterampilan tersebut dengan batasan waktu.Yang dapat membantu membangun kemampuan otak Anda untuk memproses dan mengingat informasi baru dengan lebih cepat.

Mempelajari bahasa baru memerlukan pengingatan kosakata, arti kata, atau informasi terkait lainnya. Ini membantu memelihara dan meningkatkan daya ingat Anda.

Tidak peduli berapa usia Anda atau apakah Anda sehat atau saat ini memiliki kondisi neurologis, ilmu pengetahuan akan membuktikan bahwa otak Anda senang belajar,” kata Vernon Williams, seorang ahli saraf olahraga.

4. Permainan Papan dan Kartu Penelitian mengungkapkan bahwa bermain permainan papan misalnya catur, backgammon, atau monopoli dapat sangat meningkatkan kemampuan kognitif Anda.

Permainan kartu dan papan sering memerlukan perencanaan strategis jangka pendek dan panjang.

Hal ini memaksa otak Anda untuk berpikir kritis tentang kemungkinan langkah selanjutnya dan dampak yang akan ditimbulkan dari setiap keputusan yang semuanya berkontribusi pada pengasahan otak Anda.

Bermain permainan papan tradisional telah terbukti berhubungan dengan reorganisasi saraf di area otak yang terkait dengan kontrol perhatian, memori kerja, dan pemecahan masalah.

Demikian pula, bermain permainan papan modern juga tampaknya meningkatkan kemampuan kognitif dan eksekutif,” kata sebuah studi pada tahun 2023, yang diterbitkan di jurnal PLOS One.

5. Berolahrag aMeski banyak orang yang beralih menggunakan game online untuk mengasah otak, namun salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan kognisi optimal adalah dengan menggerakkan tubuh Anda.

Melakukan aktivitas dinamis, seperti olahraga kompetitif atau latihan kardiovaskular sangat penting untuk kesehatan otak yang optimal sepanjang hidup,” kata William.

Itu sebabnya, mempelajari olahraga baru dapat menjadi cara ideal untuk menjaga pikiran Anda tetap tajam, sekaligus meningkatkan kebugaran fisik Anda secara lebih luas.

Baik Anda memilih permainan sepakbola, bola basket, atau tenis, otak Anda akan ditantang untuk melacak serangkaian aturan baru dan menerapkannya dalam waktu nyata.

About Hani

Check Also

Assassin’s Creed Valhalla: The Hidden Codex Graphic Novel is Set For Release in 2024

Sumberpulsa.com – It’s possible that fans of Assassin’s Creed are still fixated on Basim’s quest …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *