Apa Fungsi Asuransi dan Manfaatnya? Yuk Kenali untuk Kebutuhan Hidup - Sumberpulsa.com

Apa Fungsi Asuransi dan Manfaatnya? Yuk Kenali untuk Kebutuhan Hidup

SumberPulsa.com – Asuransi adalah suatu bentuk perjanjian atau kontrak yang melibatkan pihak asuransi (penyedia asuransi) dan pemegang polis (penerima asuransi).

Dalam perjanjian ini, pemegang polis harus membayar premi kepada perusahaan asuransi, dan sebagai imbalan, perusahaan asuransi memberikan perlindungan finansial atau penggantian kepada pemegang polis jika terjadi risiko atau kerugian yang dijamin dalam polis asuransi tersebut.

Tujuan utama asuransi adalah untuk melindungi pemegang polis dari beban keuangan yang tidak terduga akibat peristiwa seperti kecelakaan, sakit, kerusakan properti, atau kejadian lainnya.

Terdapat beberapa fungsi asuransi dan manfaatnya yang wajib diketahui, untuk kebutuhan hidup.

Kenali beberapa fungsi asuransi dan manfaatnya sebagai berikut:

1. Fungsi Primer (Primary Function)

Pada dasarnya, asuransi merupakan sebuah produk jasa keuangan yang menawarkan jasa pengalihan risiko sehingga fungsi utama asuransi adalah mengalihkan risiko dari Tertanggung kepada Penanggung.

Ketika Anda membeli asuransi tertentu dari sebuah perusahaan penyedia asuransi, berarti Anda telah mengalihkan risiko kehidupan kepada perusahaan tersebut. Untuk jasa itu, Anda wajib membayar sejumlah premi kepada penyedia asuransi.

Adapun manfaat yang Anda peroleh dari pembelian asuransi tersebut adalah risiko kehidupan yang Anda miliki, sudah berada dalam tanggungan Perusahaan penyedia asuransi tersebut. 

Fungsi primer asuransi lainnya yaitu memberikan memberikan pertanggungan yang harga preminya dapat disesuaikan dengan besar manfaat perlindungan yang dibutuhkan. Pemegang polis tidak harus membayar biaya mahal untuk mendapatkan perlindungan asuransi yang memadai.

Misalnya, untuk bisa mendapatkan perlindungan asuransi kesehatan hingga Rp200 juta, seseorang tidak harus membayar sebesar itu, tapi cukup membayarkan sejumlah premi yang nilainya lebih kecil.

Selain itu, asuransi juga berfungsi sebagai penghimpun dana dari pemegang polis. Himpunan dana itulah yang dimanfaatkan oleh asuransi untuk menjalankan fungsi utamanya sebagai jasa pengalihan risiko melalui pembayaran klaim.

Ketika ada klaim dari pemegang polis, dana itu akan dimanfaatkan oleh penyedia asuransi untuk membantu menutup pengeluaran yang timbul

2. Fungsi Sekunder (Secondary Function)

Sebagai bagian dari industri keuangan, asuransi berperan mendukung pertumbuhan ekonomi sebuah negara.

Ketika masyarakat menyadari manfaat dan memiliki asuransi, kualitas keuangan masyarakat akan lebih baik karena sudah memiliki proteksi. 

Perputaran dana di asuransi juga akan membantu mendorong pertumbuhan sektor keuangan yang akhirnya bisa berkontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB). 

Mengutip dari data Badan Pusat Statistik (BPS), besar PDB dari sektor jasa keuangan dan asuransi pada kuartal IV-2022 mencapai Rp809,3 triliun.

Angka itu setara kontribusi sebesar 0,08% terhadap PDB Indonesia 2022 yang mencapai Rp19.588, 4 triliun.

3. Fungsi Khusus (Special Function)

Berdasarkan jenisnya, asuransi bisa dibedakan secara lebih terperinci sehingga seseorang bisa mengetahui jenis asuransi yang ia butuhkan sesuai kondisi keuangannya.

Terdapat dua asuransi utama yang perlu dipahami oleh setiap orang, sebagai berikut:

a. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan memberikan proteksi atas biaya-biaya yang mungkin timbul karena kejadian sakit dan penyakit yang membutuhkan biaya berobat atau yang mengganggu keberlanjutan pendapatan seseorang.

Ketika terjadi risiko sakit dan penyakit, tak jarang pengeluaran Anda menjadi sangat besar karena menanggung biaya pengobatan di rumah sakit.

b. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa memberikan proteksi dari risiko finansial yang muncul ketika pencari nafkah tutup usia. Asuransi atau proteksi jiwa bukan tentang kematian, melainkan bagaimana keluarga yang ditinggalkan dapat melanjutkan kehidupan dengan memperkecil risiko finansial di masa depan.

Ketika tidak ada lagi pendapatan karena pencari nafkah sudah tiada, dana darurat akan memiliki keterbatasan untuk menggantikan.

Disinilah asuransi jiwa memiliki peran yang penting untuk memberikan sejumlah dana pertanggungan kepada ahli waris (pihak keluarga) yang bisa dijadikan bekal dalam melanjutkan kehidupan.

Fungsi Asuransi Lainnya sebagai berikut:

1. Perlindungan Finansial

Fungsi utama asuransi adalah memberikan perlindungan finansial kepada pemegang polis atau keluarganya jika terjadi risiko atau kerugian yang dijamin dalam polis asuransi.

2. Mengurangi Risiko

Asuransi membantu mengurangi risiko finansial dengan mengalihkan sebagian atau seluruh risiko kepada perusahaan asuransi. Ini membantu pemegang polis merasa lebih aman secara finansial.

3. Manajemen Risiko

Asuransi adalah alat manajemen risiko yang penting bagi individu, bisnis, dan masyarakat secara keseluruhan. Ini membantu mencegah kebangkrutan atau beban keuangan yang berlebihan akibat kerugian tak terduga.

Manfaat Asuransi:

1. Perlindungan Keluarga

Asuransi jiwa dan asuransi kesehatan memberikan perlindungan finansial kepada keluarga pemegang polis jika pemegang polis meninggal atau jatuh sakit. Ini membantu keluarga tetap stabil secara finansial.

2. Perlindungan Aset

Asuransi properti seperti asuransi rumah dan asuransi kendaraan bermotor melindungi aset berharga Anda dari kerusakan atau pencurian.

3. Penyediaan Dana Darurat

Asuransi dapat berfungsi sebagai sumber dana darurat jika terjadi insiden tak terduga, seperti kecelakaan atau kerusakan properti, sehingga Anda tidak perlu menggunakan tabungan Anda.

4. Memenuhi Persyaratan Kredit

Asuransi seringkali merupakan persyaratan untuk mendapatkan pinjaman atau hipotek. Ini membantu memenuhi persyaratan kredit dan memungkinkan akses lebih mudah ke pembiayaan.

5. Mendukung Perekonomian

Asuransi mendukung perekonomian dengan mengalokasikan risiko di antara banyak pemegang polis, yang mengurangi dampak finansial dari peristiwa-peristiwa besar seperti bencana alam atau kecelakaan massal.

6. Investasi

Beberapa produk asuransi seperti asuransi unit link juga berfungsi sebagai alat investasi yang dapat membantu Anda merencanakan masa depan keuangan Anda.

Penting untuk memilih polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi keuangan Anda agar dapat memanfaatkan fungsi dan manfaat asuransi sebaik mungkin.*

About Ajeung

Check Also

Tips Menghemat Uang dengan Asuransi: Panduan Lengkap untuk Keamanan Finansial Anda

Tips Menghemat Uang dengan Asuransi: Panduan Lengkap untuk Keamanan Finansial Anda

Di era modern ini, ketidakpastian selalu mengintai kehidupan kita. Bencana alam, kecelakaan, penyakit, dan berbagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *