14 Ide Usaha Sampingan Di Desa - Sumberpulsa.com

14 Ide Usaha Sampingan Di Desa

Sumberpulsa.com14 Ide Usaha Sampingan Di Desa. Dengan biaya hidup sehari-hari yang melonjak, banyak orang saat ini juga memanfaatkan usaha sampingan untuk memenuhi kebutuhannya. Tidak hanya mereka yang tinggal di kota, tetapi juga mereka yang tinggal di pedesaan.

Selain itu, memiliki usaha sampingan yang bisa menambah penghasilan tambahan bisa membantu Grameds lebih cepat sukses. Sebelum memulai usaha, sangat penting untuk memahami kondisi pasar dan kebutuhan yang ada di lingkungan tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk terlebih dahulu melakukan survey atau penelitian untuk lebih memahami potensi konsumen di desa tersebut.

Untuk membantu Grameds, berikut beberapa ide kegiatan sampingan yang menguntungkan yang dapat dilakukan di desa untuk menambah penghasilan harian Anda. Simak informasi berikut ini!

Banyak ide usaha sampingan yang bisa dilakukan dari desa

14 Ide Usaha Sampingan Di Desa
14 Ide Usaha Sampingan Di Desa

1. Usaha rintisan es krim kelapa

Ide usaha sampingan yang pertama di desa adalah membuka usaha rintisan es krim kelapa yang dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar, daerah pedesaan . Tidak hanya es krim kelapa muda, namun jenis usaha es krim lainnya di pedesaan memiliki potensi yang besar.Memang di Indonesia sendiri, musim panas yang terik bisa membuat orang cepat lelah. Oleh karena itu, minum atau makan es krim bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melepas dahaga atau dahaga, terutama di pedesaan. Selain itu, es krim kelapa muda banyak digemari oleh segala usia, baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Kelapa di Indonesia sendiri juga dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia yang membuat bisnis ini sangat menguntungkan. Di desanya sendiri, dengan berbisnis ekstra dengan membuka toko es krim kelapa muda, Grameds bisa meraup untung hingga Rp 200.000,00 per hari atau bahkan lebih, tergantung penjualan. Berdasarkan keuntungan yang Anda dapatkan setiap hari, jika Grameds bekerja secara rutin, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp6.000.000 per bulan.

2 .Perdagangan Mebel

Ide usaha sampingan kedua di desa ini adalah perdagangan mebel, yaitu suatu bentuk usaha yang menjual berbagai produk mebel yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Karena anda pasti membutuhkannya, maka usaha furniture ini bisa sangat menguntungkan terutama bagi anda yang ahli dalam produksi atau pengolahan produk kayu. Apalagi jika penduduk baru suatu desa membutuhkan berbagai furniture baru, bisnis furniture dan kayu ini bisa menjadi sangat penting dan bisa menjadi peluang yang baik untuk dikembangkan sebagai usaha sampingan karena dapat menghasilkan keuntungan hingga Rp 200.000 perhari.

Baca Juga : Peluang Bisnis yang Mencuri Perhatian di Tahun 2023

3. Usaha bengkel kendaraan bermotor

Ide usaha sampingan ketiga di desa ini adalah bengkel sepeda motor. Di Indonesia sendiri, menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2019, setidaknya terdapat 130 juta kendaraan bermotor di Indonesia. . Bahkan setiap tahunnya angka ini akan terus bertambah terutama di berbagai kota besar di Indonesia angka ini meningkat 12% yang membuat usaha bengkel sepeda motor ini mendatangkan banyak keuntungan.

4. Usaha budidaya ikan lele

Ide usaha sampingan desa yang keempat adalah usaha budidaya ikan lele yang bisa anda lakukan walaupun hanya bermodal kecil. Namun untuk membuka usaha ini sendiri, Grameds membutuhkan lahan yang bisa dijadikan kolam lele. Namun saat ini sudah ada berbagai macam kolam sewa yang bisa anda sewa jika ingin melakukan masa percobaan atau sekedar ingin mempelajari cara kerja usaha budidaya ikan lele ini. Seperti yang dikatakan tadi, membuka usaha budidaya lele sendiri tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, biasanya harga benih lele sekitar Rp.100 hingga 300 Rp tergantung ukuran benih lele. Dengan harga benih yang murah dan pemeliharaan yang murah, membuka usaha sampingan lele bisa menjadi usaha sampingan yang menguntungkan mengingat preferensi konsumen Indonesia akan ikan yang mudah Anda temukan di banyak pasar dan supermarket yang ada.

5. Usaha beternak Ayam

Ide usaha yang kelima di sisi desa adalah beternak ayam.Business case ini sangat cocok diterapkan di daerah pedesaan yang masih terdapat lahan atau lahan kosong yang cukup luas. Untuk memulai usaha sendiri di bidang ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, dimana anda bisa mengatur semuanya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Sebagai alternatif, membuka usaha peternakan ayam sendiri di pedesaan yang tidak harus terus-menerus mengurus dan memperhatikannya, usaha tambahan bisa menjadi pilihan yang baik. Minat masyarakat Indonesia yang besar terhadap produk ayamnya sendiri juga menjadi salah satu alasan mengapa bisnis ini begitu menguntungkan. Di mana ayam broiler utuh, anak ayam, dan telur semuanya menguntungkan.

6. Jasa tour guide dan parkir

Ide bisnis friday village adalah jasa tour guide dan parkir. Dengan semakin padatnya kawasan perkotaan, banyak penduduk kota yang memilih berlibur ke pedesaan untuk menghindari hiruk pikuk kota. Inilah mengapa banyak desa yang dijadikan tempat wisata karena keindahan alamnya, keahliannya yang unik, dan situs sejarahnya. Banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan membuat banyak pengunjung desa yang membutuhkan bimbingan agar liburannya bisa maksimal. Dengan menyediakan jasa tour guide, Grameds dapat membantu menemani wisatawan dari kota untuk menikmati wisata pedesaan dengan cara yang lebih menyenangkan. Selain itu, jika memiliki lahan kosong juga sangat menguntungkan untuk membuka tempat parkir berbayar agar wisatawan dapat dengan mudah menikmati tempat wisata yang telah dibuat.

7. Sewa tempat dengan harga terjangkau

Ide bisnis desa ketujuh adalah menyewakan tempat tinggal dengan harga terjangkau. Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya tentang desa yang dijadikan tempat wisata. Mengingat jauhnya jarak antara kota dan pedesaan, banyak wisatawan sering lebih memilih untuk tinggal di tempat wisata sehingga mereka dapat menikmati tempat wisata lebih lama dan beristirahat. Bagi Gramed yang memiliki kamar atau rumah kosong, menyewakan tempat tinggal sendiri bisa menjadi usaha sampingan yang menguntungkan. Anda bisa lihat sendiri contohnya di Candi Prambanan yang terletak di Klaten, Jawa Tengah, banyak penduduk setempat yang menyewakan kamar dan rumahnya kepada wisatawan dengan biaya yang relatif terjangkau mulai dari Rp 100.000,00.

8. Jasa rias pengantin

Ide bisnis kedelapan di pedesaan adalah jasa rias pengantin, jasa ini cukup sulit ditemukan di pedesaan, sehingga calon pengantin seringkali sulit didapat. Selain itu, kebanyakan orang di pedesaan melangsungkan pernikahan pada akhir pekan, sehingga sering kali jasa rias pengantin yang bagus sudah dipesan oleh orang lain. Jadi bagi Grameds yang memiliki keahlian atau minat belajar merias wajah, bisa mengikuti kursus terlebih dahulu untuk menjadikan keahlian tersebut sebagai usaha sampingan yang tentunya juga menguntungkan.

9. Jual Baju

Ide usaha sampingan dari Rukun Tetangga 9 adalah jual baju, baju sendiri merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Oleh karena itu, bisnis sampingan ini akan sangat menguntungkan. Di pedesaan, pergi ke pusat perbelanjaan sering memakan banyak waktu dan tenaga karena terletak di pusat kota Menjual pakaian di pedesaan, seperti menjual kemeja, atau pakaian nyaman lainnya Atap lainnya bisa digunakan sehari-hari . menarik perhatian warga. Untuk memulai usaha ini sendiri juga tidak membutuhkan modal yang besar dengan segera, anda bisa mulai berjualan asal asalan dan jika permintaan tinggi anda bisa menambah variasi atau memilih dari antara pakaian yang di jual.

10. Perlengkapan perjamuan dan jasa audio

Ide bisnis sampingan Village 10 adalah perlengkapan pesta dan jasa audio. Di dalam kotanya sendiri, Anda bisa dengan mudah menemukan persewaan berbagai perlengkapan pesta dan sound system. Namun berbeda dengan di pedesaan. Seringkali sulit menemukan tempat untuk menyewa peralatan ini di pedesaan.Oleh karena itu, membuka usaha sampingan bisa mendatangkan banyak keuntungan karena penduduk desa pasti akan menggunakan jasa Anda. Meskipun memulai usaha ini membutuhkan modal yang cukup besar dengan membeli semua alat dan kebutuhan yang diperlukan, jasa ini akan sangat menguntungkan di pedesaan karena biasanya banyak penduduk desa yang mengadakan acara pada waktu-waktu tertentu atau pada hari-hari tertentu.

11. Berdagang bahan bangunan

Ide usaha desa 11 adalah berdagang bahan bangunan, masalah yang sering menimbulkan kesulitan bagi penduduk desa. Bahkan, lokasi toko bahan bangunan yang ada terkadang jauh dari perkampungan sehingga membuat biaya transportasi dan angkut menjadi sangat tinggi. Dengan membuka toko bahan bangunan di desa maka toko anda akan menjadi tujuan utama warga desa yang membutuhkan bahan bangunan untuk membangun rumah atau kebutuhan lainnya yang menjadikan usaha sampingan ini mendatangkan banyak keuntungan.

Baca Juga : Usaha Budidaya Cabai Rawit di Lahan Pekarangan Sempit

12. Penyewaan mainan anak dan internet

Ide bisnis dari desa 12 adalah membuka toko mainan anak dan menyewakan internet. Dengan situasi saat ini yaitu covid-19 dengan adanya aturan jaga jarak antar teman, banyak anak yang merasa kesulitan untuk menghabiskan waktu dengan teman lainnya. Hal inilah yang membuat banyak orang tua sulit untuk terus-menerus menjaga anaknya yang selalu berada di rumah karena pekerjaan atau urusan lainnya.Dengan membuka usaha persewaan mainan, orang tua dapat melanjutkan aktivitasnya dengan aman tanpa harus khawatir anaknya bermain di luar rumah. Selain itu, bagi warga desa, akses internet masih menjadi barang mahal dan sulit diakses. Membuka jasa persewaan internet juga bisa meraup untung besar karena tentunya permintaan pemakaiannya tinggi.

13. Usaha studio percetakan foto

Ide usaha yang ketiga belas di desa ini adalah membuka usaha studio percetakan foto yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.Biasanya ketika kita mendaftarkan sesuatu baik untuk keperluan belajar atau dokumen penting lainnya, kita biasanya membutuhkan KTP. Namun, pada umumnya studio foto hanya ada di pusat kota sehingga sulit diakses oleh masyarakat. Dengan membuka jasa fotografi dan cetak foto akan memudahkan banyak orang karena lebih dekat.

14. Menjadi Petani

Ide bisnis desa keempat belas adalah menjadi petani yang selalu sangat populer dan juga diminati oleh kaum milenial. Menjadi petani sendiri tidak harus bercocok tanam di sawah atau ladang yang luas, namun Anda bisa menjadi petani sayuran dengan menanam berbagai sayuran di pekarangan atau kebun Anda tanpa terlalu banyak ruang. Anda dapat mencoba berbagai sayuran seperti paprika, bawang merah, kangkung, bayam, berbagai buah dan jamur untuk menjadi petani dan menjual hasil panen Anda untuk mendapatkan keuntungan. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah meneliti informasi tentang tanaman yang tepat untuk ditanam tergantung pada ruang yang Anda miliki dan cuaca di daerah pedesaan Anda.

Dengan cara ini, sayuran yang Anda tanam dapat tumbuh dengan baik. Manfaat Memulai Usaha di Pedesaan

Akhir Kata

Demikianlah indormasi yang telah admin rangkum mengenai 14 Ide Usaha Sampingan Di Desa, semoga dengan adnya informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

About sumberpulsa

Check Also

20 Creative Business Ideas That You Should Try To Make Lots of Money

20 Creative Business Ideas That You Should Try To Make Lots of Money

The world of business is growing from time to time. Therefore, creative business ideas are needed to make them stand out from their competitors.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *